5 Komponen Penting dalam Merancang Sales Letter

Share on :
Beberapa waktu lalu saya sudah posting tentang sales letter,saya artikel saya tersebut bisa memberi masukkan buat anda yang ingin memulai membangun bisnis online dan ingin merancang sales letter untuk website anda.

Dalam menulis sales letter tidak boleh hanya sembarangan saja,ada beberapa komponen yang mesti anda perhatikan dan harus ada dalam sales letter yang hendak anda rancang.komponen tersebut ada 5:

1.PerhatianATTENTION)
2.Minat(INTEREST)
3.Hasrat(DESIRE)
4.Tindakan(ACTION)
5.Penutupan(CLOSE)

Itulah komponen kunci sales letter yang harus ada di dalam sales letter anda,dan baiklah mari kita bahas satu-persatu.

Tujuan dalam merancang sebuah sales letter adalah untuk mendapatkan tindakan dari pengunjung anda.tindakan yang dimaksud tentu saja keputusan mereka untuk membeli produk anda.dan untuk mewujudkan tujuan ini anda harus menggunakan rumus "AIDA+C".

Apa itu? yang sudah saya sebutkan diatas tadi.baiklah lebih mudahnya begini,berikut saya gambarkan dulu bagaimana penjualan di sebuah website bisa terjadi:

1.Si A mendatangi website anda dari iklan-iklan di internet.
2.Perhatian si A tertuju pada judul (headline) website anda.ini disebut :"PERHATIAN"
3.Minat si A mulai muncul setelah membaca beberapa paragraf pertama sales letter anda :"MINAT"
4.Si A memiliki hasrat untuk memiliki manfaat yang diberikan oleh produk anda :"HASRAT"
5.Si A melakukan tindakan dengan mengisi Form pemesanan :"TINDAKAN"
6.Jika si A Belum betindak,anda melakukan penutupan agar dia segera beraksi:"PENUTUPAN"

1.PERHATIAN.
Setiap pengunjung yang datang ke website anda adalah penjelajah.maka anda harus memperoleh perhatian dari mereka,anda hanya memiliki waktu sekitar 15 detik untuk menangkap perhatian mereka.

Ketika seseorang mendatangi suatu website, anda tidak tahu dari mana dia datang atu kenapa dia datang....tapi ada sau hal yang harus anda ketahui: saat mereka berada di website anda dan mengakses website anda lalu dengan iseng membaca headline dihalaman tsb,mereka harus memiliki paling tidak sekilas perhatian dan ketertarikan tentang isi website anda selanjutnya.

Buat mereka bertanya,"Judulnya menarik nih..apa sih isiwebsite ini?"

Untuk itulah judul anda harus mampu membangkitkan perhatian mereka.jika tidak,maka anda gagal
membuat mereka lebih lama di website anda.anda hanya memiliki waktu beberapa detik untuk memperoleh
perhatiannya sebelum mereka pergi dan mungkin tidak pernah kembali lagi.

Jadi intinya:Sales letter anda mungkin menarik,tapi jika judul anda tidak menarik mereka... maka sales letter anda tidak akan pernah terbaca!.anda harus mengerti betapa kuat dan pentingnya pengaruh judul website/iklan anda.80% kekuatan sales letter anda terletak pada kata-kata yang ada di judul yang anda pilih.jadi buatlah judul sales letter atau iklan anda yang bisa menarik perhatia orang.

2.MINAT

Sekali anda sudah mendapatkan perhatian mereka untuk betah berlama-lama dia website anda,selanjutnya
anda perlu membangun minat mereka.ini adalah tugas pertama sales letter anda.disini anda bisa mulai
membangun minat mereka.anda bisa gunakan kata-kata yang dapat menggugah minat mereka seperti "jika..., Maka,siapa lagi,..."cara ini sangat efektif untuk menimbulkan minat seseorang.

Kata-kata ini bisa membangun minat karena mereka akan berpikir,"Oh,informasi ini kelihatannya bisa menjadi solusi buat memecahkan masalah saya.mungkin inilah jawabannya"

3.HASRAT

Jika anda sudah bisa membangun minat mereka untuk tinggal sejenak melihat website anda.tugas anda selnjutnya adalah mengalihkan minat mereka menjadi sebuah HASRAT (Keinginan).anda tahu bahwa mereka memiliki kebutuhan, keinginan dan masalah yang harus dipecahkan.

Anda bisa melakukan ini dengan menunjukkan kepada mereka keuntungan dan manfaat dari tawaran anda.jangan katakan kepada mereka semua bagian menarik dari produk atau jasa anda,katakan manfaat produk anda bisa meningkatkan taraf hidup mereka.

Dan cara terbaik untuk menyampaikan maksud ini adalah dengan menulisnya dalam bentuk daftar manfaat.
gunakan bullet list untuk membuatnya lebih mudah untuk dibaca.buatlah seluruh ppint daftar manfaat anda
terfokus,misal:
  • "bagaimana cara"
  • "Rahasia"
  • "Temuan"
  • "Trobosan"
  • "Mengurangi penderitaan"
  • dll.
Pastikan anda masukkan beberapa manfaat terbaik dan terbesar di daftar manfaat pertama website anda.

4. TINDAKAN

Inilah saat yang paling menentukan dalam proses penjulan.setelah anda sudah menangkap perhatian
mereka,membangun minatnya dan kemudian menciptkan keinginan (hasrat) mereka atas produk anda.sekarang saatnya untuk mengambil tindakan.

Jika anda sudah menerapkan ke 4 komponent secara benar,maka pengunjung anda telah siap menjadi pembeli. katakan kepada mereka apa yang harus dilakukan selanjutnya.jangan pernah seklipun menganggap mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan,anda harus menunjukkan kepada mereka dimana mereka harus memesan dan bagaimana caranya!

Buatlah link perintah "ORDER SEKARANG" atau "KLIK DISINI UNTUK MEMESAN".Tulislah bagaimana langkah-langkah pemesanan secara jelas dan ringkas.tuntun mereka melalui proses penjulan yang secara mudah dimengerti,sampai uang anda terima dan selanjutnya melayani pemesanan mereka.

5.PENUTUPAN

Jika seseorang dihadapkan pada suatu pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk, mereka akan bertanya,"bagaimana jika nanti begini.."bagaimana jika nanti begitu...".inilah yang
harus anda perhatikan,sebab ini juga termasuk dalam menentukan apakah mereka mau membeli produk anda atau tidak.keputusan mereka untuk menunda pembelian akan sangat merugikan.anda perlu membuatnya untuk BELI sekarang juga!

Dan untuk meningkatkan keyakinan mereka untuk jadi membeli produk anda sekarang,anda bisa berikan
mereka GARANSI atau BONUS. katakan bahwa membeli produk anda adalah keputusan terbaik dan dijamin dengan garansi.

Ini juga disebut dengan perlindungan RESIKO.tujuan anda memberikan garansi adalah untuk melenyapkan
resiko yang mungkin dialami oleh pembaca anda.dengan melakukan ini,anda akan melenyapkan ketakutan
mereka.anda harus menawarkan garansi paling tidak dalam jangka waktu 90 hari,atau lebih lama akan lebih
baik.

Jangan takut terhadap pengembalian produk,jika produk anda memang berkualitas mereka tidak akan meminta uang mereka kembali.mudahnya begini saja,jika pembaca tahu bahwa mereka dapat memperoleh uang mereka kembali jika tidak puas,maka mereka tahu dua hal:

1.Anda percaya mutu produk anda.

2.Mereka tidak perlu kawatir akan kehilangan uang mereka karena tertipu.

saran saya berikan garansi yang lebih panjang jangka waktunya,ini bisa membuat para customer anda lebih nyaman dalam mencoba produk anda karena mereka memiliki waktu yang cukup untuk menilainnya.bahkan jika ternyata mereka tidak puas dengan produk anda,mereka tidak akan terlalu terburu-buru untuk mengajukan garansi..dan biasanya mereka akan menunda.. dan akhirnya akan lupa.

itulah netter semua ke 5 komponen penting yang harus anda perhatikan dalam merancang sales letter anda.jika anda menyertakan seluruh komponen diatas, maka anda akan memiliki sales letter yang paling ampuh yang pernah anda buat.sales letter yang akan bisa menghipnotis setiap pembaca untuk membeli produk anda.

Memang betul,anda membutuhkan beberapa waktu untuk menguasai cara merancang sales letter ini,namun,
sekali anda menyelesaikannya,mesin otomatis sales letter ini akan menghasilkan uang meimpah untuk anda!inilah yang dimaksud dengan mesin otomatis sales letter.

Apakah sales letter anda sudah anda rancang dengan ke 5 komponen diatas,atau anda punya teknik lain dalam menulis sales letter?silahkan berbagi disini...

0 komentar on 5 Komponen Penting dalam Merancang Sales Letter :

Post a Comment and Don't Spam!

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Ya! Jangan SPAM.Trims

 

Merdeka.com

ADS